Didemo Rakyat Yogya, 5 Kader SBY Diamankan Polisi

Posted by Moh Arief Munandar 00.20, under | No comments

GUNUNGKIDUL – Sidang rapat paripurna Istimewa terbuka DPRD Gunungkidul diwarnai aksi pengevakuasian lima anggota Fraksi Demokrat oleh aparat kepolisian termasuk tim dari Gegana.

Sidang paripurna kali ini mengagendakan pembacaan pendapat fraksi-fraksi Dewan terkait penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (5/1/2011).

Lima anggota Fraksi Demokrat yang dievakuasi masing-masing Khoirul Nasmi Siregar, Eko Rustanto, Supriyani Astuti, Suhardono, dan Suyanto.

Kelimanya dievakuasi keluar ruangan dan langsung dimasukkan ke mobil bara kuda dari Brimob Polda DIY dengan pengawalan ketat usai membacakan pendapat fraksi yang dilakukan Ketua Fraksi Demokrat, Khoirul Nasmi Siregar.

Dalam sidang Paripurna istimewa yang dimulai Pukul 10.00 WIB mengagendakan pembacaan pandangan seluruh fraksi di DPRD, diawali dengan Fraksi PDIP dilanjutkan Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi Handayani, dan Karya Bintang Gerindra.

Yang menarik, selama proses pembacaan pandangan Fraksi Demokrat terus diteriaki oleh masyarakat yang mengikuti dari luar gedung. Selesai membacakan pandangan fraksinya kelima anggota dewan tersebut langsung dievakuasi polisi.

Kapolres Gunungkidul Asep Nalaludin mengatakan, evakuasi dilakukan sesuai dengan prosedur dari kepolisian untuk mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan.
“Memang sudah kami persiapan kendaraan untuk pengamanan anggota dewan jika diperlukan, dan ini memang sudah sesuai prosedur pengamanan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Parade Nusantara Heri Kristanto beranggapan, aksi pengevakuasian yang dilakukan merupakan tindakan berlebihan. Pasalnya, aksi demontrasi yang dilakukan para perangkat desa terkait penetapan ini tidak diwarnai kekerasan.

“Apanya yang berbahaya? kami melakuakan orasi dengan tertib tanpa ada intimidasi maupun kekerasan,” katanya.

Dalam Pandangan akhir Sidang Paripurna Istimewa DPRD Gunungkidul yang dibacakan Ketua DPRD Ratno Pintoyo menyatakan, mendukung Penentapan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur dan Pakualam IX sebagai wakil Gubernur DIY. Rumusan ini akan segera di serahkan ke DPR RI sebagai wujud aspirasi dari masyarakat Gunungkidul.
(Markus Yuwono/Trijaya/teb)

0 komentar:

Posting Komentar